Jumat, 23 Januari 2015

LAPORAN PPL KEGURUAN (UNSIKA)



BAB I
KEADAAN SEKOLAH PADA UMUMNYA

A.      Denah Gedung Sekolah (terlampir)
Keadaan fisik merupakan keadaan nyata yang dimiliki oleh       SMP Negeri 2 Klari.Keadaaninisecaraumummenyangkutidentitassekolahyaitu :
NamaSekolah                          : SMP Negeri 2 Klari
AlamatSekolah                        : Jln. Raya PJT CurugKecamatanKlari
KabupatenKarawang 41371
                                                Telp.(0264) 206663 Web.www.smpn2klari.sch.id
                                                Koordinat: 107.383204
                                                Latitude: -6.440547
Status                                      : Negeri
NSS                                         : 201321505016
NPSN                                      : 20217930
JenjangAkreditasi                   : Type A
Tahundidirikan                        : 1981
TahunBeroperasi                     : 1981
Kepemilikan Tanah                 : HakGunaPakai
a.              Status Tanah                  : Milik Pemerintah (Hak Guna Pakai)
b.             Luas Tanah                    : 8.515 m2

SMP Negeri 2 Klari mempunyai kondisi fisik dengan konstruksi permanen dan memilki kapasitas yang terbatas,dengan batas sebagai berikut :
a.       Sebelah Barat                : Perumahan PJT
b.      SebelahTimur                 : Jalanraya PJT
c.       Sebelah Utara                : Perumahan PJT
d.      Sebelah Selatan              : Perumahan PJT




B.            Struktur Organisasi Sekolah (terlampir)
1.             Kepala Sekolah                          : Raden Darajat Safei Saputra, S.Pd.,M.Pd.
2.             Wakil Kepala Sekolah               : Aang Suhardi
a.       Laboran                               : H. Mulyono
1)             IPA                           : H. Mulyono
2)             Komputer                  : Aang Suhardi
b.      Pustakawan                         : Wawan Dermawan
c.       Guru                                                :
1
Drs. Mulyadi
15
Eviyana S, S.Pd.
29
Henny R, SE
2
Aang S, Amd.Pd.
16
Karsam K, S.Pd.
30
Eprilia NK, S.Pd.
3
H. Mulyono,Amd.Pd.
17
Dra. YayahSuryani
31
Yoas K, Amd. Pd.
4
Wawan D., Amd. Pd.
18
Neno H, S.Pd.
32
Nunung N, SE
5
Drs. Basri
29
Lesli A, S.Pd.
33
Ina Lestari, SE
6
Hendi T, Amd. Pd.
20
Paryati, S.Pd.
34
Pia Refiani, S.Pd.
7
E. Supendi
21
Ragil P, S.Ag.
35
Maya Hardini, S.Pd.
8
Wasirun
22
Acem S,Amd. Pd.
36
Nurulita, S.Pd.
9
Yoyo Kosasih
23
Dian Diana
37
Joni K, Amd. Pd
10
Wahyu M, S.Pd.
24
Dena A, S.Pd.
38
Siti Nurlela, S.Pd
11
Lilis Nani, Amd. Pd.
25
Murtiningsih,S.Pd.
39
Dwi Z, S.Pd.
12
Nunung , Amd. Pd.
26
Evi CH., S.Pd.
40
Ahmad G, S.Ag.
13
Agus Yudi, S.Pd.
27
Rini M, S.Pd.
41
Yulia G, Amd.Pd.
14
Drs. Kd. Erwono
28
Yanti S, S.Pd.




d.      PKS                                     :
1)             PKS Kurikulum        : Wahyu Mulyadi
2)             PKS Kesiswaan        : Wasirun/Erwono
BK/BP                      :
a)             Koordinator 1  : Murtiningsih, S.Pd.
b)             Koordinator 2  : Karsam Kurnia, S.Pd.
c)             Koordinator 3  : Lilis Nani Mulyani, Amd. Pd.
3)             PKS Humas              : Hendi Tarmono
4)             PKS Sarana               : E. Supendi
3.             Koorinator Tata Usaha              : Jaja Suryana
a.       Bendahara Gaji/Bos                        : Yusuf/Jaja
b.      Inventaris                             : Saeful E.
c.       Kesiswaan                           : Dedi R./Ety R.
d.      Persuratan                            : Siti Amanah
e.       Pesuruh                                : Alis Firmansyah
  Ayus Sandi Sanjana
  Asep Supriadi
  Azis Saepudin
  Wawan Setiawan




C.           Jumlah Murid Setiap Kelas
KELASVII
JUMLAH
KELAS VIII
JUMLAH
KELAS IX
JUMLAH

A
39
A
47
A
44

B
42
B
46
B
39

C
42
C
48
C
44

D
39
D
46
D
43

E
42
E
46
E
44

F
42
F
46
F
44

G
42
G
46
G
41

H
42
H
47
H
47
I
40
I
46
I
43
J
42
J
49

K
40

L
41




D.      Sarana dan Prasarana  (Fasilitas) Sekolah
Sarana dan prasarana yang terdapat di SMP Negeri 2 Klaridiantaranya sebagai berikut:
1.        Ruang Kepala Sekolah
Terletak di bagian depan (Timur) sekolah dan diapitoleh ruang kelasdanruang BP/BK.
2.        Ruang Guru
Terletak dibagian Utara sekolah yang dilengkapi dengan meja dan kursi dan juga lemari buku.
3.        Ruang Kelas
Ruangkelasberjumlah 32 kelas yang masing-masingberukuran 81 m2.Ruangkelasinidigunakandalam proses belajarmengajardansecarakeseluruhanpadapagihari. Adapunperalatan yang terdapatdalamkelasadalah 20 buahmejabelajarsiswa, 40 buahbangkubelajarsiswa, 1 buahmeja guru, 1 buahkursi guru dan 1 buahpapantulis.
4.        Ruang Perpustakaan
Berisibuku-bukubacaandanbahanpelajaran yang difungsikanuntukmendukung proses pembelajaran di SMP Negeri 2 Klari.
5.        Ruang laboratorium
Di SMP Negeri 2 Klari terdapat 2 jenisruang laboratorium yaitu :
·           Laboratorium Bahasa
·           Laboratorium Komputer
·           Laboratorium IPA
6.        Ruang BP/BK
Merupakanruangankhusus yang di sediakanolehsekolahuntukmenampungdanmenyelesaikanpermasalahan yang berhubungandengankesiswaan, terutama yang berkaitandengantingkatkeberhasilanbelajarsiswasiswi SMP Negeri 2 Klari.
7.        Ruang Tata Usaha
Ruanganinikhususdisediakanolehsekolah yang fungsinyasebagairuanganuntukmenanganiurusan-urusan yang berkaitandenganadministrasisekolah.
8.        Lain-lain
Mempunyairuang OSIS (struktur organisasi OSIS terlampir), kamarmandidilengkapidengan WC, Koperasisekolah (KOPSIS), lapanganolahraga, tempatparkir, musholadankantin.

E.       Keadaan Fisik Kelas
Ruangankelasdigunakansebagaitempatbelajarmengajar.Ruangankelastersebutdigunakansecarakeseluruhanpadajadwalbelajarpadapagihari.Secarafisik, keadaankelasbaikdantelahmemenuhisyaratsebagaitempatbelajarmengajar.

F.       Kegiatan Ekstrakulikuler
Kegiatan ekstrakulikuler yang terdapat di SMPN 2 KLARI yakni : basket, volley, tenis meja, sepak bola, pramuka,PMR, dan paskibra.

BAB II
OBSERVASI KELAS

Pada kegiatan observasi kelas, penulis mengobservasi kelas VII K dan kelas VII L. Kelas tersebut adalah kelas dimana praktikan melaksanakan Praktek Pengalaman Lapangan di SMP Negeri 2 KLARI. Pemilihan Kelas tersebut karena penyusun memperoleh kesempatan untuk mengajar di kelas - kelas tersebut yakni 4 jam pelajaran (4 x 40 menit) dalam satu minggunya. Dengan frekuensi tersebut diharapkan perolehan data akan lebih maksimal. Adapun hasil observasi adalah sebagai berikut:
1.    Denah tempat duduk
2.    Keadaan dan kesan umum yang diamati (kelas yang diobservasi)
3.    Peralatan atau inventaris yang dimiliki kelas yang diobservasi
4.    Bagaimanakah hubungan antar siswa-siswi di dalam kelas tersebut dan bagaimana  pula hubungan siswa-siswi tersebut dengan siswa kelas lain
5.    Kerapian dan kedisplinan siswa kelas yang diobservasi

A.   Denah Tempat Duduk Anak Kelas yang di Observasi (terlampir)

B.   Kesan Umum Tentang Kelas yang di Observasi
       Siswa kelas VII yang diobservasi cukup aktif dalam mengikuti proses belajar mengajar. Mereka memperhatikan materi pelajaran yang disampaikan oleh guru yang mengajar dan kemudian mengerjakan setiap tugas yang diberikan dengan cukup baik. Namun demikian, masih ada beberapa siswa yang merasa kesulitan dalam menerima pelajaran sehingga mereka bertanya kepada guru yang bersangkutan, akan tetapi tidak semua siswa berani bertanya dikarenakan merasa malu ketika menanyakan kepada guru. Melihat hal tersebut, praktikan mencoba mendekati siswa yang terlihat malu pada saat bertanya, agar rasa malu yang ada pada diri siswa tersebut dapat berkurang. Terbukti saat praktikan mengajar di kelas, memberikan pertanyaan serta memberikan tugas mengenai materi yang bersangkutan ataupun materi yang telah diajarkan maka mereka lebih berantusias untuk menjawab  pertanyaan tersebutdibandingkan pada saat observasi. Sehingga di dalam kelas terjadi suasana yang menyenangkan saat proses belajar mengajar berlangsung yaitu dengan bukti antara murid dan praktikan ada hubungan timbal balik yang baik. Di sisi lain, para murid juga sangat menghargai  praktikan yang sedang mengajar di kelas, sehingga antara praktikan dengan murid tercipta hubungan yang harmonis, yaitu pada saat proses  pelajaran berlangsung maupun di luar jam pelajaran.

C.   Hubungan Siswa
Apabila di tinjau dari hal hubungan yang terjadi antar siswa yang satu dengan yang lain di kelas VII ini mempunyai hubungan yang sangat baik, akrab,  bersahabat, dan bahkan saling bekerja sama apabila ada hal atau sesuatu yang mungkin bisa di pecahkan bersama-sama, serta mereka juga mempunyai hubungan persahabatan dan kekeluargaan yang baik antara siswa yang satu dengan yang lain. Sehingga didalam kelas mereka tercipta juga hubungan yang harmonis dan bisa mendukung kegiatan belajar mengajar. Sedangkan hubungan kepada bapak / ibu guru sendiri juga sangat akrab  bahkan mereka saling bercanda tawa bersama, selain itu mereka juga menumbuhkan sikap saling berinteraksi satu dengan yang lainnya serta menumbuhkan sikap kekeluargaan, saling menghormati, dan menghargai diantara sesama.

D.   Peralatan Kelas yang di Observasi
Peralatan kelas adalah segala peralatan yang terdapat di kelas. Peralatan kelas yang diobservasi hampir sama dengan peralatan kelas pada umumnya yakni terdapat papan tulis, spidol, penghapus, meja, kursi, papan absen, kalender pendidikan, foto presiden dan wakil presiden, penggaris dan jangka yang terbuat dari kayu sehingga memudahkan praktikan pada saat mengajar materi tentang lingkaran, juga terdapat alat-alat kebersihan.










BAB III
HASIL MODEL LES DAN OBSERVASITEMAN MENGAJAR

A.    Model Les dari Guru
Sebelumpraktikan PLP melaksanakanpraktik mengajar, terlebihdahulupraktikan mengikuti model les guru mengajaratau guru pamong.Dalam model les, praktikandiberikesempatanuntukmengamati guru pamongdalammengajarsiswadanbagaimanaseorang guru mengelolakelas.Setelahpraktikanmengamatibagaimanacara gurumengajar, praktikan bisamengamatibagaimanamemberikanmateri, mengkondisikankelas, danbagaimanamemperlakukananak-anakdidik baik yang memperhatikan proses pembelajaran maupun yang tidak memperhatikan. Setelah mengikuti model les guru praktikan diperkenankanuntukmengajarsecaramandiri.
1.        Persiapanprogram mengajar / pembuatan satuan pelajaran
Setiap guru yang akanmengajardiwajibkanmembuatadanyarencanatertulisdalambentukSatuanPelajaran (SP) danRencanaPelaksanaanPembelajaran (RPP). Buku pegangan yang dipakai guru berbentuk buku paket dan Lembar Kerja Siswa (LKS)berdasarkanmatapelajarandansumber-sumber lain yang relevan.
Dalampelaksanaanpengajaran guru pamongberusahamembuatsemua siswaaktifdalam proses belajarmengajar. Pendekatan yang digunakanadalahpendekatankonsep.Adapunmetodemengajar yang dipakaiadalahmetodediskusiinformasiatauceramah.
2.        Sikap Guru di depan Kelas
Padasaatmengajarsikap guru di depankelasadalahbaik, guru bersikapseriustapisantaidalammenyampaikanmateri. Untuk menghadapi siswa yang tidak memperhatikan, guru biasanya mengambil langkah mendekati siswa dan menanyakan mengenai materi yang sedang dibahas. Sehingga siswa yang tidak memperhatikan saat ditanya mereka akan malu karena tidak bisa menjawab pertanyaan yang diajukan.
3.        Penggunaan Media
Dalammenyampaikanmateri guru menggunakan media yang dibawa, sepertimedia paket dan LKS.Sekolahinisudahmempunyaifasilitastersendiri yaitu ruang bahasa, namunbelumbisadigunakanuntukmemenuhisemuakelas, danpenggunaan media jugamasihterbatas. Akan tetapi belum mencukupi kuota jika semua guru  menggunakannya.
4.        Pelaksanaan Evaluasi
Untukmengetahuikeberhasilanpelaksanaan proses belajarmengajarmaka guru melakukanevaluasi. Ada beberapabentukevaluasi:
§   Tugas, untukmengetahuipengetahuanterhadapmateri yang telahdiajarkan.
§   Ulangan, biasanyadilakukansetelahsatustandar kompetensidisampaikankepadasiswa.
5.        PemberianBimbingan
Bilasaatpelaksanaan pembelajaranataudarihasilevaluasididapatkansiswa yang sekiranyalambanataukurangdalammemahamipokokbahasantertentu. Gurutidaksegan-seganmemberikanpengarahanataubimbingan secara individu maupun berkelompok. Siswa tersebut dapat bertanya di luar jam pelajaran atau jika waktunya masih cukup dapat ditanyakan saat akhir pembelajaran.

B.     ObservasiTemanMengajar
Setelahpraktikanmengikuti model les atau observasi guru mengajar, selanjutnyapraktikandiberikesempatanmenyampaikanmateri secara mandiriuntukmenggantikan guru pamong. Agar dalampelaksanaanpraktekmengajarlebihbaik, makaharuslahmengadakanobservasiterhadappraktikan lain atautemanlain yang sedangmengajar.
1.        PersiapanTertulis
Sebelumpraktikanmelaksanakanpraktekmengajar,praktikan diberi materi pelajaran yang nanti akan disampaikan danpraktikandiwajibkanmembuatpersiapantertulisberupaRencanaPelaksanaanPembelajaran (RPP). Sebelumpraktikanmelaksanakanpraktik mengajar di kelas, makapraktikanterlebihdahulumenyerahkan RPP kepada guru pamong yang kemudian diberipengarahanoleh guru pamongmengenaitatacarapengajaran yang baikdanefektifsehinggapada saat praktik mengajardapatberjalanlancar dan ilmu yang disampaikan dapat diterima semua siswa dengan baik.
Cara membukapelajaran yang dilakukanolehpraktikansudahcukupbaikdanlancar.Apersepsi yang dilakukan sudah cukup baik. Sudah sesuai dengan materi yang akan diajarkan. Volume suarapraktikansudahcukupkeras.Penyampaianmateritidak terlalu lambat dan tidak terlalu cepat pula.Panyampaian materi dilakukan dengan porsi yang cukup, namunpraktikan juga sudah mampumenyesuaikandenganalokasiwaktu yang ada.
Penyampaian materi sudah cukup baikdanmudahuntukdi mengerti siswa yang ada di depan maupun yang di belakang. Pemanfaatanmedia pembelajaranawalnya kurang akan tetapi setelah mendapat masukan dari guru pamong pemanfaatannya sudah cukupefisien.
Penguasaanmateripraktikansudahcukupbaik.Hal inidapatdilihatdaripenyampaianmateri yang runtundanberhubungan. Praktikanmampumemberimotivasikepadasiswauntukmemperhatikandanmengerjakantugas.Praktikanatautemanmengajarterkadangkewalahanmenghadapikegaduhan yang ditimbulkanolehsiswa. Terutama saat diberi tugas diakhir pembelajaran.
2.        PenggunaanBahasa
Bahasa yang digunakanpraktikandalammengajaradalahbahasaIndonesia. Penggunaan bahasa Indonesianyasudahcukup baik, yaitu menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar. Terkadang praktikan juga menyelipkan bahasa sehari-hari mereka(bahasa sunda) sehinggasiswamudahmemahami materi yang disampaikan.
3.        HubunganAntara Guru danSiswa
Antarapraktikandansiswa SMPNegeri2 KlaripadaumumnyadansiswakelasVIIIpadakhususnyaterjalinhubungan yang baikakrab, bersahabat, salingmenghormatidanmenghargai.Hal ini terlihat dari cara praktikan mendekati siswa saat siswa diberi tugas untuk memperkuat pemberian materi. Praktikan merasa aman dalam praktek mengajar dan mengerjakan tugas-tugas lainnya. Suasanakelasterlihataktif.
4.        AktivitasKelas
Dalam proses belajarmengajardapatdilihatbahwasiswacukupaktifdalammengikutipelajaranmeskipunmasihadabeberapasiswa yang awalnyatidakmemperhatikan. Bahkan ada yang menyepelekan praktikan.Namunsetelahpraktikan mendekati beberapawaktukemudian siswatersebutdapatdikondisikan.
5.        PelaksanaanEvaluasi
Untukmengetahuikemampuandankeberhasilansiswadalammenerima dan memahamimateripelajaran, makapadaakhirmateridiberikantugas, baik tugas mandiri maupun kelompok. Pada penutupan pembelajaran siswa dan guru melakukan refleksi dan penguatan. Kemudian diberikan pekerjaan rumah (PR) agar siswa dapat mengaplikasikan pembelajaran saat itu lebih mendalam.
Dari model les danobservasitemanmengajarinidiharapkandapatmemberikanmasukandan bekal bagipraktikan untuk mengajar,sehinggabilanantimengajarakanmemperolehhasil yang baik.







BAB IV
PENYELENGGARAAN ADMINISTRASI SEKOLAH

A.      Kantor Tata Usaha
Ruangan ini khusus disediakan oleh sekolah yang fungsinya sebagai  ruangan untuk menangani urusan-urusan yang berkaitan dengan administrasi sekolah. Kantor tata usaha teletak di samping ruang guru, sengaja dibuat demikian karena untuk memudahkan dalam pengurusan administrasi sekolah.

B.       Petugas
Ada 11 petugas tata usaha yang masing-masing berbeda tugas antara satu dengan yang lainnya. Adapun tugas dari tata usaha yakni sebagai bendahara gaji/bos, inventaris, kesiswaan, persuratan, dan pesuruh.

C.      Peran Guru dalam Administrasi
Guru hanya dilibatkan dalm proses pembelajaran contohnya. Pembuatan RPP, silabus, Prota, Promes, KKM, Absen siswa serta nilai-nilai siswa.

D.      Pelaksanaan Surat-menyurat
Untuk persarata surat menyurat keluar di lakukan atas seijin dan tanda tangan kepala sekolah.


E.       Kelengkapan dalam Hal Penilaian
Kelengkapan administrasi sekolah bisa dikatakan cukup lengkap hal itu ditunjukkan oleh daftar nilai kelas yang dilakukan dengan mengunakan komputer.

F.       Pendaftaran Murid
Pendaftaran murid di SMPN 2 Klari ini berbentuk formulir, pada tahun ajaran baru orangtua murid mengambil formulir pendaftaran mahasiswa baru. Adapun pendaftaran bisa melalui online.















PENUTUP

Kesan Umum
Kesan umum mengenai sekolah ini selama mengadakan observasi dan orientasi selama PLPdilihat dari segi :
1.        Tata Ruang, Kebersihan dan Kerindangan sekolah sudah baik. Hal ini dapatdilihat dari penataan dan pembagian ruang kelas maupun ruangan-ruangan yang lain sudah di tata dengan baik, begitu pula Kerindangan dan kebersihannya sudah dijaga dengan baik hal ini dapat dilihat dari perawatan halaman depan, belakang, dan pembersihan halaman yang dilakukan sehari-hari.
2.        Dilihat dari kelengkapan sarana dan prasarana SMP Negeri 2 Klari meskipun masih belum memadainamun sudah memenuhi Standar Pelayanan Minimal (SPM) sehingga proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik. Dilihat dari kelengkapan sarana dan prasarana perkelas sudah cukup lengkap, disamping itu  juga sarana penunjang pembelajaran yang lain seperti perpustakaan, Lab,ruang UKS dan ruang OSIS  juga sudah tertata dengan baik dan lengkap.
3.        Perimbangan jumlah siswa, guru tetap, pegawai administrasi dan fasilitas yang tersedia sudah seimbang, hal ini dapat terlihat seluruh kelas sudah ada guru wali atau guru kelasnya masing-masing. Disamping itu beberapa mata pelajaran sudah ada guru bidang studinya seperti (Penjas, Agama, Bahasa Inggris, matematika dll) dan pegawai, baik pegawai perpustakaan, TU dan penjaga sudah bekerja dengan baik sehingga proses pembelajaran dapat berjalan dengan lancar.
4.        Dilihat dari segi Kedisiplinan siswa, guru, pegawai dan hubungan antar personal diantara mereka sudah sangat baik karena di Sekolah sudah memiliki tata tertib yang umum dan mengkhusus, baik tata tertib untuk siswa, untuk guru dan untuk pegawai sudah terpajang rapi sebagai acuan yang harus ditaati dan dilaksanakan oleh seluruh personal baik siswa maupun guru dan pegawai sehingga disiplin dapat berjalan dengan baik. Hubungan sosial diantara seluruh personal sudah sangat akrab dan penuh rasa kekeluargaan yang secara keseluruhan dari semua peraturan tata tertib tersebut selalu dikoordinir dan diawasi oleh Kepala Sekolah.
5.        Kesan-kesan lain yang ingin di sampaikan mengenai keadaan Sekolah yaitu, berkenaan dengan keadaan sekolah SMP Negeri 2 Klari adalah siswa-siswa yang sangat dekat dengan saya, dan guru-guru sangat  menerima saya sebagai mahasiswa yang sedang praktek di SMPNegeri 2 Klari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar